Selamat Datang Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI)

VISI & MISI

VISI

Sebagai wadah dan wahana Komunikasi, Informasi, Representasi, Konsultasi dan Fasilitasi Penyelenggara Kursus dan Pelatihan Indonesia.

 

MISI

  1. Menfasilitasi penciptaan sinergi antara penyelenggara kursus dan pelatihan dalam upaya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia berkompeten.
  2. Menjalin komunikasi dan konsultasi dengan Pemerintah dalam rangka meningkatkan peran serta penyelenggaraan kursus dan pelatihan.
  3. Mewakili penyelenggara kursus dan pelatihan dalam berbagai forum penentu kebijakan pendidikan non formal.
 

Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi

  1. Memfasilitasi penciptaan sinergi antara Penyelenggara Kursus dan Pelatihan Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya manusia.
  2. Melaksanakan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pemerintah dalam rangka mewakili kepentingan dunia Kursus dan Pelatihan.
  3. Mewakili dunia kursus dan pelatihan dalam berbagai forum penentuan kebijaksanaan Pendidikan Non Formal.
  4. Memfasilitasi pengembangan tanggungjawab sosial lembaga Pendidikan Kursus dan Pelatihan.
  5. Memberdayakan Penyelenggaraan Kursus dan Pelatihan, Organisasi Mitra dan Asosiasi sehingga mampu berperan optimal dalam pembangunan dunia Pendidikan Nasional.
  6. Memberikan Akreditasi dan Sertifikasi kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan, Organisasi Mitra dan Asosiasi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
  7. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Pemerintah serta memperjuangkan berbagai pelimpahan wewenang dengan semangat dan jiwa Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  8. Meningkatkan efisiensi dunia Pendidikan Indonesia dengan menyediakan pelayanan di bidang informasi pengembangan Lembaga, solusi teknologi, Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen Kendali Mutu ( MKM) dan sebagainya.
  9. Mendorong tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan dan wirausaha baru Lembaga Kursus dan Pelatihan baik yang memiliki lingkup Nasional, Regional maupun internasional.
    Adapun fungsi daripada Organisasi HIPKI adalah :
    Sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi Penyelenggara Kursus dan Pelatihan Indonesia dan Pemerintah, dan antara para Penyelenggara Kursus dan Pelatihan Indonesia dan para Penyelenggara Kursus dan Pelatihan Asing, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah Pendidikan Non Formal dan Jasa Kursus dan Pelatihan, dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan Pendidikan, dalam rangka membentuk iklim penyelenggaraan Kursus dan Pelatihan yang bersih, transparan dan profesional, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi Pendidikan Nasional.
 

Identifikasi Kebutuhan Anggota

  1. Setiap Lembaga Kursus dan Pelatihan membutuhkan informasi yang tentang akreditasi danpenilaian kinerja LKP dalam rangka untuk peningkatan mutu dan mengembangkan lembaganya;
  2. Perlu adanya statrategi dan best practise dalam mencapai akreditasi dan kinerja LKP yang baik;
  3. adanya Organisasi yang mewadahi dengan memiliki kompetensi dan professionalisme yang dapat membantu memberikan informasi strategi dan best practise tentang akreditasi dan penilaian kinerja LKP sehingga Lembaga Kursus dan Pelatihan di propinsi Lampung dapat memberikan layanan pendidikan yang baik.